Powered By Blogger

Minggu, 08 Januari 2012

asimo yang pintar


ASIMO YANG KIAN PINTAR
Masih ingat ASIMO?
Robot berbentuk manusia hasil riset dari Honda Motor Corporation kini kian pintar.Dimulai dari prototype EO pada tahun 1986 yang hanya berwujud kaki, Honda ingin mewujudkan robot seperti tokoh Astro Boy.
          25 tahun riset berkesinambungan pin membuahkan ASIMO terbaru dengan kemampuan yang melebihi bayangan.Jika anda sempat menyaksikan aksinya pada Indonesia International Motor Show beberapa tahun  silam,kini ASIMO memiliki kemampuan terbaru.
          Secara fisik robot dengan tinggi 130cm dan berat 48kg ini mirip dengan anak-anak. Perangainya pun dibuat mirip seorang bocah kelas 3SD berusia sekitar 10 tahun. Kini ASIMO bisa berjalan lebih kencang maju dan mundur mencapai 9km/jam.
          Selain itu,dia juga bisa melompat berdiri dan berjalan di oermukaan yang kasar bahkan menendang bola dengan kencang dan mampu mempertahankan posisi berdirinya.
          Tidak hanya secara fisik,intelegensia ASIMO pun berkembang,karena bisa menentukan sendiri tindakannya. Ia bisa menerima perintah dari bebrapa orang sekaligus. Misalnya 3 orang berbicara bareng meminta minuman yang berbeda, ASIMO bisa mengambilkan permintaan yang sesuai.
          Gerakan tanganya pun kian canggih, dengan 23 kemampuan engsel tambahan( degree of freedom), ASIMO bisa membuat bebrapa tanda bahasa bagi kaum tuna rungu. Tidak hanya itu,ia juga bisa membuka botol dan gelas untuk tanpa tumpah.Soalnya dia bisa mengukur berat botol dan gelas untuk memperkirakan perpindahan isinya.
          Canggih kan? Melihatnya beraksi membuat kangen. Kapan ya ASIMO baru main ke Indonesia ? kita tunggu bareng,ya!

SUMBER : OTOMOTIF EDISI XXI 29 DESEMBER 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar